Selasa, 14 April 2009

Sholat Jamaah Wajib bagi Warga Sekolah




Kegiatan Sholat Jamaah tepat waktu serta bertempat di Masjid Taqwa Kampus SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan ini adalah wajib bagi seluruh warga sekolah. Kegiatan yang utama adalah sholat jamaah dhuhur. Setelah dikumandangkan adzan dhuhur oleh siswa yang telah dijadwa maka seluruh aktifitas siswa – siswi serta guru dan karyawan berhenti. Semua menuju Masjid Taqwa yang berjarak seratus meter berada di arah utara kampus.

Siswa siswi diberikan dua lokasi wudlu yaitu di lokasi Kampus ataupun di Masjid karena banyaknya siswa. Dengan demikian, sholat jamaah dapat dilakukan bersamaan dan lebih cepat. Ruang masjidpun penuh dan bershaf secara tertib. Selain kegiatan sholat berjamaah setiap hari, pada setiap minggu di hari sabtu diberikan kultum oleh siswa di mimbar.

Selain, sholat dhuhur, setiap siswa, karyawan dan guru tidak ketinggalan untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah bagi mereka yang jam pembelajaran sampai sore. Dengan penanaman sholat jamaah ini, siswa selain melaksanakan kewajiban yang wajib sekaligus menumbuhkan disiplin terhadap waktu dan kegiatan.

3 komentar: